Saturday, June 25, 2016

Pizza, Love, and Other Stuff That Made Me Famous

Judul: Pizza, Love, and Other Stuff That Made Me Famous
Penulis: Kathryn Williams
Penerbit: Noura Books
Tebal: 328 halaman
Goodreads Rating: 3.51/5.00

"Dari produser acara Chop Shop dan Catwalk, hadir sebuah reality show TV terbaru untuk menemukan generasi baru talenta kuliner Amerika. Teen Test Kitchen akan membawa delapan koki muda paling menjanjikan ke Napa Valley selama tujuh minggu pelatihan dan kompetisi di institut kuliner nomor satu di negeri ini, yaitu National Culinary Academy. Pemenang akan mendapatkan beasiswa penuh dari NCA dan impian magang dengan produser-sekaligus-juri, chef ternama, dan pengusaha restoran, Tommy Chang."

Atas bujukan Alex, sahabat sekaligus laki-laki yang diam-diam ditaksir, Sophie Nicolaides mengikuti seleksi Teen Test Kitchen yang audisinya diadakan di kotanya, Georgetown, Washington DC. Semuanya berjalan lancar sampai Sophie diumumkan sebagai pemenang.

Lalu apa?
Sophie harus mengikuti tujuh minggu pelatihan di Napa Valley.
Alasan apa yang harus diutarakan pada ayah, sedangkan seleksi itu sendiri dilakukan secara sembunyi-sembunyi?

Mau tak mau, Sophie berterus terang pada sang ayah. Atas bujukan Nonna, ayah dengan berat hati menyetujui keberangkatan Sophie. Dengan pertimbangan, setiap akhir minggu mungkin Sophie bisa mengunjungi Bibi Mary, adik mendiang ibu yang juga tinggal di Napa Valley.

Masa-masa pelatihan berlangsung dengan tingkat kompetisi yang tinggi serta drama-drama yang tercipta di antaranya. Sophie tidak bisa serta merta percaya pada orang-orang yang bertingkah baik di depannya. Karena kapan saja, mereka siap menusuk dari belakang.

Berbagai tes yang diadakan setiap minggu membuat peserta semakin tegang. Terlebih bagi Sophie. Darah Italia-Yunani yang mengalir di tubuhnya tidak cukup membuat Sophie menjadi yang terbaik saat tes masakan Mediterania.

Kita harus menikmati setiap makanan, seakan-akan itu adalah kali terakhir kita.

Selain kompetisi, beberapa kali Sophie bisa bertemu dengan sang bibi yang juga membuka restoran The Last Supper di Napa Valley. Dari bibi, Sophie belajar sudut pandang baru dalam memasak. Sophie juga menjalin persahabatan dengan dua orang peserta kompetisi lainnya, yaitu Stan dan Shelby. Di sela-sela kerinduan Sophie pada Alex yang tidak bisa ditemui selama tujuh minggu karantina, Sophie bertemu Luc. Seorang keturunan Prancis yang membuat perasaaan Sophie pada Alex sedikit bimbang.

Makanan adalah tentang keluarga dan komunitas, sama pentingnya seperti rasa dan gizi.

***

Saturday, June 18, 2016

A Little White Lie

Judul: A Little White Lie
Penulis: Titish A.K.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 272 halaman
Goodreads Rating: 3,76

Ocha tidak tahu dirinya akan sesial ini. Tidak berhasil bertemu kakak kelas idaman, Mas Bintang, Ocha malah mendapat malu karena terlempar bola basket yang tidak sengaja terlepas dari Adit. Ya, Adit. Sosok yang menjadi idola teman-temannya. Ocha tidak pernah tertarik dengan Adit, bertambah benci karena peristiwa memalukan itu.

Sebuah pertemuan tak sengaja dengan Adit di sebuah rental VCD memberi Ocha sebuah ide. Ocha menguping ketika Adit menyebutkan nomer hapenya kepada petugas rental. Nomer hape yang begitu dicari-cari oleh teman-teman sekolah yang mengidolakan Adit. Karena katanya, tidak ada seorang pun yang bisa mendapat nomor hape Adit secara mudah.

Ocha yang tadinya berniat menjual nomor hape Adit ke teman-temannya mengurungkan niat, karena merasa tidak etis. Akhirnya Ocha mengerjai Adit dengan berpura-pura kenalan menggunakan nama samaran, yaitu Ayu.

Kebohongan kecil yang lama-lama menimbulkan masalah sendiri bagi Ocha. Bukannya puas karena berhasil balas dendam kepada Adit, perasaan Ocha malah tak menentu ketika mengetahui kalau Adit suka pada Ayu, sosok samaran yang diciptakan Ocha.

***

Saturday, June 11, 2016

Dru dan Kisah Lima Kerajaan

Judul: Dru dan Kisah Lima Kerajaan
Penulis: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 208 halaman
Goodreads Rating: 4.33/5.00

Bukalah matamu. Selama kamu percaya, keajaiban akan menampilkan keberadaannya.
Dru mendapat hukuman dari sang ibu akibat berkelahi dengan dua orang anak sekampungnya yang mencoba untuk mencuri rambutan yang sudah susah payah dikumpulkannya.

Dru menghabiskan waktunya dikurung di kamar. Sebuah peristiwa ajaib terjadi ketika tidak sengaja syal yang sedang dikenakan Dru terbang tertiup angin ke luar jendela.

Dalam usaha menemukan syalnya yang hilang, Dru tiba di sebuah negeri ajaib yang memiliki Hutan Topi. Di negeri itu Dru mengalami keanehan menjadi tinggi jika ia mendongak dan menjadi pendek jika ia menunduk.

Melalui Bibi Keong yang ditemuinya, Dru harus melakukan perjalanan bertemu dengan lima Raja di lima kerajaan untuk menuju Danau Cermin, tempat ia bisa kembali ke rumahnya.

Dru mengalami perjalanan yang tak biasa dalam menemukan Danau Cermin. Bertemu Raja Tanti Pala yang selalu merengut, Raja Aditsu yang berduka, Raja Raksasa Wrekodara, Raja Parmadi yang baik hati, dan Raja Nala di Kampung Hening. Melalui serangkaian pengalaman yang dialami Dru, Dru merefleksikan kembali kesalahan yang telah membuatnya dihukum ibu.
Ke mana kelok lilin, ke sana arah angin bertiup.

***

Saturday, June 4, 2016

Amy & Roger's Epic Detour

Judul: Amy & Roger's Epic Detour - Perjalanan Panjang
Penulis: Morgan Matson
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 480 halaman
Goodreads Rating: 4.05/5.00

Sekarang aku tahu jika kau berusaha cukup keras untuk menjauhkan orang-orang, pada akhirnya mereka memang cenderung akan pergi.
Hidup Amelia Curry berubah setelah meninggalnya sang ayah. Ada perasaan bersalah yang menghantuinya semenjak itu. Dua bulan setelah kematian sang ayah, ibunya memutuskan memulai hidup baru dengan meninggalkan California dan mengajar di sebuah universitas di Connecticut. Sedangkan Charlie, saudara kembar yang hanya terpaut tiga menit dikirim ke pusat rehabilitasi narkoba.

Praktis Amy menghuni bangunan yang tiga bulan lalu masih layak disebut rumah, sendirian. Amy harus menyelesaikan sekolahnya di California, seorang diri dengan rumah yang beberapa kali harus didatangi orang asing yang berminat untuk membeli rumahnya.

Tiga bulan setelah kematian sang ayah, ibu menyuruh Amy untuk membawa mobil Liberty milik keluarga ke rumah baru mereka di Connecticut. Tentu saja, ibu tidak ingin Amy pergi sendiri. Amy akan ditemani oleh Roger, anak dari teman ibunya yang memang mempunyai tujuan yang searah. Segala sesuatu telah dipersiapkan sang ibu. Mulai dari kartu kredit, penginapan, bahkan jadwal perjalanan dan kota yang akan mereka, Amy dan Roger, lalui.

Yang menjadi masalah, Amy sekarang bukanlah Amy yang dulu. Bepergian dengan seseorang yang begitu asing membuat Amy merasa canggung hanya dengan memikirkannya saja.
Entah siapa yang mulai, keduanya memutuskan untuk mengabaikan rute perjalanan yang telah dirancang oleh ibu Amy. Mereka memutuskan melewati jalur berbeda daripada melewati Gallup, New Mexico, Tulsa, Oklahoma, Terre Haute, Indiana, Akron, dan Ohio yang terdengar tidak menarik.
Perjalanan ini ternyata bukan hanya tentang Amy dan kematian ayahnya, tapi juga kisah cinta Roger yang baru saja dicampakkan kekasihnya.

Amy memutuskan mengunjungi Yosemite dan Graceland untuk mengenang ayahnya serta North Carolina untuk berekonsiliasi dengan saudara kembarnya. Sedangkan Roger mengejar penjelasan Hadley, sang mantan pacar, ke kampusnya di Colorado sampai rumah Hadley di sebuah kawasan elit di Kentucky.

Berbagai pengalaman tidak terduga mereka alami seperti melewati jalanan paling sepi di Amerika dan menginap di hunian paling megah yang pernah mereka lihat.
Tidak hanya perjalanan fisik saja yang mereka hadapi, trauma peristiwa kecelakaan yang dialami Amy seperti bom waktu yang siap meledak. Belum lagi sang ibu yang begitu marah saat Amy dan Roger mengubah rencana perjalanan mereka.

Di satu titik, besok pasti akan lebih baik
***