Saturday, June 11, 2016

Dru dan Kisah Lima Kerajaan

Judul: Dru dan Kisah Lima Kerajaan
Penulis: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 208 halaman
Goodreads Rating: 4.33/5.00

Bukalah matamu. Selama kamu percaya, keajaiban akan menampilkan keberadaannya.
Dru mendapat hukuman dari sang ibu akibat berkelahi dengan dua orang anak sekampungnya yang mencoba untuk mencuri rambutan yang sudah susah payah dikumpulkannya.

Dru menghabiskan waktunya dikurung di kamar. Sebuah peristiwa ajaib terjadi ketika tidak sengaja syal yang sedang dikenakan Dru terbang tertiup angin ke luar jendela.

Dalam usaha menemukan syalnya yang hilang, Dru tiba di sebuah negeri ajaib yang memiliki Hutan Topi. Di negeri itu Dru mengalami keanehan menjadi tinggi jika ia mendongak dan menjadi pendek jika ia menunduk.

Melalui Bibi Keong yang ditemuinya, Dru harus melakukan perjalanan bertemu dengan lima Raja di lima kerajaan untuk menuju Danau Cermin, tempat ia bisa kembali ke rumahnya.

Dru mengalami perjalanan yang tak biasa dalam menemukan Danau Cermin. Bertemu Raja Tanti Pala yang selalu merengut, Raja Aditsu yang berduka, Raja Raksasa Wrekodara, Raja Parmadi yang baik hati, dan Raja Nala di Kampung Hening. Melalui serangkaian pengalaman yang dialami Dru, Dru merefleksikan kembali kesalahan yang telah membuatnya dihukum ibu.
Ke mana kelok lilin, ke sana arah angin bertiup.

***
Sebab ketika ada kunci, maka kau temukan pintu. Sebab ketika angin bertiup, maka kapal layar pun melaju.

Biasanya novel anak-anak yang saya baca adalah karya penulis luar negeri atau novel terjemahan. Ini pertama kalinya saya membaca novel anak-anak, yang ditulis orang dewasa, karya penulis lokal. Dan, Clara Ng adalah penulis favorit saya sejauh ini.

Karya Clara Ng tidak pernah mengecewakan saya :-)
Meskipun ini adalah novel anak-anak Clara Ng pertama yang saya baca, saya langsung memfavoritkannya. Novel ini bisa dijadikan bahan mendongeng yang keren untuk anak-anak.

Tidak hanya mengajak berimajinasi yang out of the box, Clara Ng tidak melupakan budaya Indonesia yang kaya serta pesan moral yang tersirat dalam cerita Dru dan kelima raja. Ditambah lagi, ilustrasi indah karya Renata Owen yang bagus.

Renata Owen adalah seorang ilustrator muda yang karyanya juga bisa kita lihat dalam salah satu desain kemasan baru air minum AQUA.
Semua orang harus mampu menolong dirinya sendiri. Selebihnya, percaya saja bahwa semesta akan ikut membantu.

Happy Reading! :-)

you can find the book on bukabuku.com

0 comments:

Post a Comment