Saturday, June 4, 2016

Amy & Roger's Epic Detour

Judul: Amy & Roger's Epic Detour - Perjalanan Panjang
Penulis: Morgan Matson
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 480 halaman
Goodreads Rating: 4.05/5.00

Sekarang aku tahu jika kau berusaha cukup keras untuk menjauhkan orang-orang, pada akhirnya mereka memang cenderung akan pergi.
Hidup Amelia Curry berubah setelah meninggalnya sang ayah. Ada perasaan bersalah yang menghantuinya semenjak itu. Dua bulan setelah kematian sang ayah, ibunya memutuskan memulai hidup baru dengan meninggalkan California dan mengajar di sebuah universitas di Connecticut. Sedangkan Charlie, saudara kembar yang hanya terpaut tiga menit dikirim ke pusat rehabilitasi narkoba.

Praktis Amy menghuni bangunan yang tiga bulan lalu masih layak disebut rumah, sendirian. Amy harus menyelesaikan sekolahnya di California, seorang diri dengan rumah yang beberapa kali harus didatangi orang asing yang berminat untuk membeli rumahnya.

Tiga bulan setelah kematian sang ayah, ibu menyuruh Amy untuk membawa mobil Liberty milik keluarga ke rumah baru mereka di Connecticut. Tentu saja, ibu tidak ingin Amy pergi sendiri. Amy akan ditemani oleh Roger, anak dari teman ibunya yang memang mempunyai tujuan yang searah. Segala sesuatu telah dipersiapkan sang ibu. Mulai dari kartu kredit, penginapan, bahkan jadwal perjalanan dan kota yang akan mereka, Amy dan Roger, lalui.

Yang menjadi masalah, Amy sekarang bukanlah Amy yang dulu. Bepergian dengan seseorang yang begitu asing membuat Amy merasa canggung hanya dengan memikirkannya saja.
Entah siapa yang mulai, keduanya memutuskan untuk mengabaikan rute perjalanan yang telah dirancang oleh ibu Amy. Mereka memutuskan melewati jalur berbeda daripada melewati Gallup, New Mexico, Tulsa, Oklahoma, Terre Haute, Indiana, Akron, dan Ohio yang terdengar tidak menarik.
Perjalanan ini ternyata bukan hanya tentang Amy dan kematian ayahnya, tapi juga kisah cinta Roger yang baru saja dicampakkan kekasihnya.

Amy memutuskan mengunjungi Yosemite dan Graceland untuk mengenang ayahnya serta North Carolina untuk berekonsiliasi dengan saudara kembarnya. Sedangkan Roger mengejar penjelasan Hadley, sang mantan pacar, ke kampusnya di Colorado sampai rumah Hadley di sebuah kawasan elit di Kentucky.

Berbagai pengalaman tidak terduga mereka alami seperti melewati jalanan paling sepi di Amerika dan menginap di hunian paling megah yang pernah mereka lihat.
Tidak hanya perjalanan fisik saja yang mereka hadapi, trauma peristiwa kecelakaan yang dialami Amy seperti bom waktu yang siap meledak. Belum lagi sang ibu yang begitu marah saat Amy dan Roger mengubah rencana perjalanan mereka.

Di satu titik, besok pasti akan lebih baik
***
Kalian tak perlu pergi jauh untuk tahu dimana rumah kalian. Semua orang tahu dimana rumah mereka. Dan kalau kalian tidak tahu, berarti kalian punya masalah
Saya banyak membaca novel yang juga bertema traveling tapi ini adalah pertama kalinya saya membaca versi traveling antara negara bagian di Amerika Serikat. Seperti yang kita tahu, negara Amerika Serikat itu luas banget, dan bisa ada perbedaan waktu antara negara bagian saking besarnya.

Sebagai pembaca peta, saya tidak pernah melihat Amerika Serikat secara mendetail. Negara bagian California ada dimana, Kentucky dimana, Connecticut dimana. Mungkin karena Amerika Serikat tidak pernah ada dalam dream destination saya kali ya :-D

Seperti yang dijelaskan penulis di akhir buku, penulis melakukan sendiri perjalanan seperti yang diceritakannya dalam perjalanan Amy dan Roger. Perjalanan mereka terasa sekali seperti sebuah perjalanan nyata, karena juga disertai dengan foto-foto dan struk-struk gerai fastfood atau waralaba yang mereka singgahi.

Paling suka bagian ketika mereka disangka pasangan bulan madu, Edmund dan Hillary Udell. Sejak itu mereka sering menggunakan nama itu sebagai panggilan gurauan.

Karakter utama hanya Amy dan Roger, di samping Charlie yang sempat ditemui Amy dan ibu yang hanya terhubung lewat telepon. Karakter lain yang muncul sepanjang perjalanan mereka terasa sepintas lalu.

Bacaan yang ringan dan menyenangkan meskipun pemandangan alam yang digambarkan Amy selama perjalanan tidak terlalu muncul di benak saya. Karena yang saya tahu hanya Grand Canyon, Grand Canyon dan Grand Canyon #ups

Happy Reading! :-)

0 comments:

Post a Comment