Sunday, January 31, 2016

Travelers' Tale

1493217
Judul: Travelers' Tale
Penulis: Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidajat, Ninit Yunita
Penerbit: GagasMedia
Tebal: 230 halaman
Cetakan Pertama, 2007
Goodreads Rating: 3.70/5.00

A thousand mile journey begins with the first step
Francis di Kansas City, USA.
Retno di Copenhagen, Denmark.
Farah di Hoi An, Vietnam.
Jusuf di Cape Town, Afrika Selatan.

Keempatnya dulu adalah segerombolan sahabat sejak kecil sampai SMA ketika masih di Jakarta. Persahabatan mereka berlanjut lewat surel karena jarak yang sekarang tercipta.

Sebuah kabar mengejutkan dikirimkan Francis kepada ketiga sahabatnya, yang pada langkah berikutnya menentukan masa depan yang tidak pernah terbayangkan bagi mereka. Francis akan menikah. Di Barcelona.

Kabar ini seharusnya menjadi kabar bahagia bagi mereka, tapi tidak bagi Farah. Sudah lama dia menyukai Francis diam-diam. Kabar Francis akan menikah membuat dia membulatkan tekad untuk datang. Mengabaikan bahwa ia sangat membenci naik pesawat terbang, Farah melakukan perjalanan Vietnam-Spanyol dengan tujuan untuk mengungkapkan perasaannya pada Francis, dan menghentikan pernikahan Francis dengan gadis Catalan itu.

Kabar Farah pergi ke Barcelona demi menghentikan pernikahan Francis membuat Jusuf mengubah rencana yang awalnya memutuskan tidak hadir. Jusuf sudah lama menyukai Farah. Kalau Farah sampai berhasil menggagalkan pernikahan Francis dan mendapatkan cintanya, dunia Jusuf akan hancur. Jusuf memutuskan pergi meninggalkan Cape Town dan menghabiskan tabungannya menuju ke Barcelona demi menghentikan rencana nekad Farah.
If you spend too much time thinking about it, then you miss it! Things come. Keep looking, meet different people, and exchange ideas. There is no rule
Retno dari awal memperoleh surat undangan Francis, memang memutuskan untuk hadir. Jarak Copenhagen ke Barcelona tidak terlalu jauh dibanding kedua sahabatnya yang lain. Tapi ada kisah yang tertinggal antara dirinya dan Francis. Retno, dari lubuk hati terdalamnya mencintai Francis. Kalau saja tidak ada perbedaan kepercayaan di antara mereka, Retno tidak perlu melakukan penolakan sebanyak dua kali atas pernyataan cinta Francis.

A groom to be, Francis, seharusnya menjadi pria paling bahagia karena akan menikahi seorang gadis cantik asal Spanyol, Inez. Are you ready to get married? adalah pertanyaan yang sudah dua kali dalam sehari ditanyakan padanya dan membuat Francis berkontemplasi lebih dalam. Sebuah telepon dari masa lalu membangkitkan kesadarannya akan keputusan yang telah diambilnya.

Keempatnya melakukan perjalanan melintasi benua, menembus batas antar negara, bahkan rela menguras tabungan bertahun-tahun mereka demi mencari jawaban. Cinta Farah pada Francis, cinta Francis pada Retno, dan cinta Jusuf pada Farah.
Future is for us to find out. Fortune is for us to seek.
***

Cinta. Bisa secepat kilat datang. Bisa berabad lama pergi atau bahkan sebaliknya. Dan mungkin cinta juga yang membuat saya harus berbahagia buat dia meski...diam-diam itu sangat sulit.
This is my favorite novel, ketika belum sebanyak sekarang novel berjenis seperti ini yang saya baca. Novel ini yang saya bawa waktu beberapa hari harus nginep di rumah sakit beberapa tahun yang lalu. Ringan, lucu, dan tidak butuh waktu lama untuk menamatkannya :-)

Ceritanya sih sebenarnya seperti kebanyakan juga. Persahabatan jadi cinta dengan bumbu traveling.
Novel ini saya baca sebelum mengenal novel Negeri van Oranje, dimana penulisnya mewakili masing-masing satu karakter dalam plot ceritanya.

Dalam novel ini, saya mengenali Adhitya Mulya sebagai Jusuf yang konyol, Ninit Yunita sebagai Farah, Alaya Setya sebagai Retno, dan Iman Hidajat sebagai Francis. Cerita ditulis dari sudut pandang masing-masing karakter dengan pembeda gue (Farah), gua (Jusuf), saya (Retno), dan aku (Francis).

Dalam novel ini kita diajak berpindah dari satu kota ke kota yang lain, antar negara, antar benua dengan segala keterbatasan bahasa yang dimiliki, benturan budaya baru, lengkap dengan pengalaman tak terlupakan masing-masing karakter.

Yang menarik dari novel ini masih footer gak penting ala Adhitya Mulya yang sering bikin ketawa serta kelucuan-kelucuan yang terjadi pada nasib Jusuf yang dipenuhi kesialan. Karena masing-masing penulis mewakili tiap karakter, keempat tokoh memiliki karakter yang terbangun kuat dan beda.

Baca buku ini...jadi pengen jalan-jalan :-D

Love just sits there...
Staring at us...
And say "you can't have me"...

Happy reading! :)

0 comments:

Post a Comment