Monday, September 29, 2014

Herr Der Diebe: Pangeran Pencuri

12498187 

Judul: Herr Der Diebe: Pangeran Pencuri
Penulis: Cornelia Funke
Penerjemah: Hendarto Setiadi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 420 halaman
Cetakan kedua: Maret 2011
Goodreads Rating: 3.92/5.00

Kita tidak bisa langsung tahu apakah seseorang benar-benar baik atau tidak. Dan dari tampangnya juga tidak kelihatan

Selamat datang di kota Venezia!

Mari berpetualang di Kota Rembulan ini bersama segerombolan anak kecil, melintasi kanal-kanal dan gang-gang yang tersebar di banyak tempat di kota terapung ini.

Sejak kecil ibu selalu bercerita pada Prosper dan Bo, dua orang kakak beradik, tentang indahnya kota Venezia dengan banyak patung singa dan malaikat yang melindunginya. Oleh karena itu, setelah ibu meninggal, sementara bibi Esther ingin memisahkan Prosper dan Bo, kedua bersaudara ini dengan nekat meninggalkan Hamburg menuju Venezia, kota yang diyakini mereka akan memberi kehidupan yang lebih baik.

Di Venezia, Prosper dan Bo berkenalan dengan segerombolan penjahat kecil yang dipimpin oleh Scipio, sang Pangeran Pencuri, seorang perempuan yang menyebut dirinya Tawon, Riccio si Rambut Landak, dan Mosca si Muka Arang. Mereka tinggal di bangunan bekas bioskop yang tidak terpakai, terkecuali Pangeran Pencuri yang entah tinggal dimana. Gerombolan ini menyebut tempat itu Istana Bintang. Mereka hidup dari pencurian yang dilakukan Scipio yang kebanyakan adalah barang-barang antik yang kemudian dijual kepada pedagang barang antik yang tamak, Ernesto Barbarossa.

Melalui Barbarossa, Scipio mendapat misi melakukan pencurian yang diminta oleh seorang Conte. Bukan barang berharga seperti emas ataupun permata, hanya sebuah sayap patah yang usang. Kali ini, teman-temannya yang lain ingin ikut beraksi bersama Scipio. Berhasilkah?

Sementara itu, Paman dan Bibi tidak akan membiarkan Prosper dan Bo pergi begitu saja. Mereka mendatangi Victor Getz, seorang detektif yang akan disewa mereka untuk menyelidiki keberadaan Prosper dan Bo di Venezia. Tidak butuh waktu lama bagi Victor untuk menemukan kedua anak itu. Sayangnya, tidak semudah itu untuk membawa keduanya ke hadapan Paman dan Bibinya. Alih-alih menangkapnya, Victor malah sukses dibuat kewalahan oleh gerombolan cilik itu sampai-sampai harus berurusan dengan polisi.

Kehadiran Victor bukan hanya membuat keberadaan persembunyian gerombolan cilik itu di Istana Bintang terungkap, tapi juga identitas asli Pangeran Pencuri yang bisa membuat keretakan hubungan mereka. Belum lagi rencana pencurian di rumah Ida Spavento itu tidak sengaja terungkap karena Bo yang polos menceritakannya pada Victor.

Sang Rembulan. Sekutu yang sakti, yang sanggup mewujudkan mimpi dan membukakan pintu apabila seseorang ingin pindah dari dunia ini ke dunia lain
***

Saturday, September 6, 2014

My Princess

Judul: My Princess
Penulis: Hyun-Kyung Sohn
Penerjemah: Dwita Rizki Nientyas
Penerbit: Qanita
Tebal: 348 halaman
Cetakan II, Mei 2012
Goodreads Rating: 3.05/5.00

Kalau wanita bisa buta karena cemburu, darah pria akan mendidih karena insting melindungi
Tidak pernah dalam bayangan Seol bahwa dirinya adalah seorang putri kerajaan Korea. Selama ini dirinya menjadi putri kerajaan Korea sebagai pekerjaan sampingan di Istana Deoksu. Seol hanyalah seorang gadis yatim piatu yang diadopsi oleh orang tua yang sangat menyayanginya yang kemudian menjadikannya hidup layak dan mampu menempuh pendidikan hingga kuliah. Mana berani dalam angannya untuk bermimpi menjadi putri kerajaan.

Tapi pemimpin grup Daehan, Dong Jae, meyakini bahwa Seol adalah keturunan Raja Korea yang selama ini dicarinya. Seol pun dengan ragu dan kebingungan terpaksa menurut untuk dibawa tinggal di istana. Di istana, Seol kembali bertemu dengan Hae Young, cucu grup Daehan, yang menentang rencana pengembalian sistem kerajaan di Korea. Setelah upayanya menyingkirkan Seol ke luar negeri gagal, Hae Young mencoba cara lain untuk menggagalkan rencana tersebut. Hae Young menawarkan diri untuk menjadi guru yang akan mengajari Seol tentang etika-etika menjadi putri. Mungkin dengan cara ini dia bisa membuat Seol menyerah untuk menjadi putri kerajaan.

Tapi, menjadi dilema sendiri bagi Hae Young ketika dia berkesempatan untuk mengenal Seol secara lebih dekat. Terlebih ketika Yoon Joo, kurator museum kerajaan, membawa seorang putri 'asli' dan menuduh Seol berpura-pura sebagai putri. Dengan terpaksa Seol meninggalkan istana.

Kenangan dapat kembali hanya dengan melihat kepingan yang tersisa dari masa lalu
***