Friday, October 10, 2014

Sung Kyun Kwan Scandal

Judul: Sung Kyun Kwan Scandal
Penulis: Jung Eun Gwol
Penerjemah: Adji Annisa Zakiadini
Penerbit: NouraBooks
Tebal: 427 halaman
Cetakan I, Oktober 2012
Goodreads Rating: 4.18/5.00

Semua orang mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Beratnya kesulitan itu hanya bisa dirasakan masing-masing orang. Belum tentu kita yang lebih muda menghadapi beban yang lebih ringan daripada mereka yang lebih tua

Kim Yoon-hee tidak pernah berharap dirinya akan menjadi salah satu mahasiswa Sungkyunkwan. Hidup berat yang dilalui bersama ibu dan adik lelaki yang sakit-sakitan, Kim Yoon-shik, memaksa Kim Yoon-hee menyembunyikan identitas sebagai perempuan dan berpura-pura menjadi adiknya untuk mencari penghidupan. 

Di masa itu, perempuan tidak diperbolehkan belajar dan bersekolah, tapi hal itu tidak menghalangi tekad Kim Yoon-hee. Sejak kecil ia telah mengambil pekerjaan sebagai penyalin buku paket, yang hasilnya dipakai untuk membeli makanan dan obat-obatan untuk adiknya. Di balik niat itu, dia juga ingin agar adiknya, Kim Yoon-shik bisa belajar untuk mengikuti ujian negara.

Tapi karena kondisi Kim Yoon-shik yang tidak memungkinkan, Kim Yoon-hee dalam hati juga tertarik untuk menguji kemampuannya di ujian negara. Dengan nekad, Kim Yoon-hee mengikuti ujian, dan berhasil lolos bahkan mendapat pujian dari Kaisar. Situasi memaksanya untuk menghuni asrama Sungkyunkwan dengan bayang-bayang hukuman mati akan diterima jika identitas aslinya terbongkar.

Di asrama, Kim Yoon-hee kembali bertemu dengan Lee Seon-joon, anggota Partai Noron, yang telah membantunya selama ujian. Yang tidak diantisipasi Kim Yoon-hee adalah, bahwa di asrama itu dia akan berbagi kamar dengan beberapa mahasiswa lainnya. Selain Lee Seon-joon, Kim Yoon-hee akan sekamar dengan Moon Jae-shin, anak dari bangsawan Soron, atau dikenal dengan panggilan Geol-oh atau si Kuda Gila karena kesenangannya untuk berkelahi. Belum lagi gangguan dari penghuni kamar sebelah, Gu Yong-ha yang selalu curiga bahwa Kim Yoon-hee adalah seorang wanita.

***
PENGAKUAN!! Saya sukaaaa sekali drama Sungkyunkwan Scandal, terutama pemeran Geol-oh dan Gu Yong-ha. Hehehehehe. Makanya itu ekspektasi saya lumayan tinggi untuk baca versi novel karena dramanya yang adaptasi dari novel, bukan sebaliknya. Meskipun di penghujung halaman saya akhirnya tersadar bahwa ini adalah novel pertama dan masih ada kelanjutannya. Nggantung bangettt, padahal dari awal udah niat banget untuk membandingkan antara drama sama novel. Kalau tau akan begini, saya harusnya sudah mengantongi buku yang kedua :(


Poin pertama, saya suka terjemahannya. Smooth. Penerjemah membiarkan istilah-istilah Korea tertentu sesuai dengan aslinya tanpa berusaha di-Indonesia-kan. Meskipun saya lebih suka istilah-istilah Korea itu dijelaskan dalam bentuk footnote bukan glosarium seperti yang ada di buku. Agak ribet harus bolak-balik halaman untuk menemukan maksud yang tepat dan ada beberapa istilah juga yang terlewat untuk diterjemahkan.

Poin kedua, masing-masing karakter terbentuk kuat. Mungkin juga terbantu karena saya sudah pernah nonton dramanya dan masing-masing pemeran (menurut saya) mampu memainkan karakternya dengan baik. Lee Seon-joon yang pintar, Kim Yoon-hee yang cantik (bahkan ketika jadi laki-laki), Geol-oh yang misterius (tapi seorang penulis), dan Gu Yong-ha yang annoying :D Meskipun, saya lebih suka karakter Lee Seon-joon di novel ini.

Poin ketiga, saya suka dengan historical romance ala Korea yang sarat budaya. Membaca buku ini kita seakan diajak memasuki era kejayaan Joseon tapi dengan sudut pandang mahasiswa Konfusius yang belajar di Sungkyunkwan. Novel ini tidak hanya berkisah tentang persahabatan, tapi banyak ilmu filsafat dan tata pemerintahan di masanya yang diceritakan.
Karena masih bersambung dan ini adalah novel pertama, cerita yang disajikan hampir tidak ada konflik yang berarti karena masih permulaan. Dibanding versi dramanya, perseteruan antar partai juga tidak terlalu diperlihatkan. Mungkin karena tuntutan drama ya, sisi jahat lebih diperlihatkan daripada di versi novel. Kisah cintanya juga masih permulaan, jadinya...ya bikin geregetan karena berasa digantung :D

Happy Reading! :D

you can find the book on bukabuku.com

Review ini diikutkan dalam Indiva Readers Challenge 2014 di http://indivamediakreasi.com/indiva-readers-challenge-irc-2014/
..dan tentu saja review ini diikutkan dalam BBI Review Challenge...

0 comments:

Post a Comment