Tuesday, August 12, 2014

The Look

Judul: The Look
Penulis: Sophia Bennett
Penerjemah: Nadiah Alwi
Penerbit: Bentang Belia
Tebal: 434 halaman
Cetakan Pertama, Mei 2012
Goodreads Rating: 3.82/5.00

Uang memang tidak membuatmu bahagia, tetapi aku yakin itu bisa membuatmu tidak terlalu lelah.

Edwina 'Ted' Trout dibuat bingung oleh Simon, seorang agen pencari bakat yang menawarinya menjadi model, seorang jangkung dengan rambut sarang burung dan alis menyatu, sementara di sebelahnya ada sang kakak, Ava, yang memiliki kecantikan Elizabeth Taylor. Untuk sementara Ted melupakan ajakan itu, seiring dengan kesimpulan Ava yang meyakini bahwa itu adalah penipuan-penipuan yang sudah banyak terjadi.

Di saat yang hampir bersamaan, Ava dinyatakan menderita kanker limpoma stadium 2B dan harus menjalani serangkaian kemoterapi untuk menyembuhkan penyakitnya.
Bagaimana kalau ternyata Simon bukanlah penipu? Ava begitu gembira mendengarnya dan mulai melancarkan jurus bujukan (dan paksaan) untuk membuat Ted mau mencoba menekuni dunia modeling. Ted dengan sedikit enggan mulai mencoba menjalani profesi model seperti yang diharapkan kakaknya. Ted berangkat dari nol yang tidak tahu apa pun, menjadi mulai mengerti profesi model. Tentu saja dengan bantuan sang kakak yang sangat menyukai dunia germerlap fesyen.

Beberapa rangkaian goo-see dan casting mulai dijalani Ted. Tetapi tidak ada yang berjalan mulus sedari awal. Ted mulai meragukan kemampuannya untuk menjadi model. Di sela-sela kesibukannya, Ted tetap setia mendampingi sang kakak menjalani serangkaian perawatan dan penyembuhan. Sampai menjadi orang yang menguatkan Ava di saat-saat terpuruk, seperti kerontokan rambut yang merupakan efek dari kemoterapi. Bersama Ava, Ted melakukan perubahan penampilan yang drastis, yang herannya malah menimbulkan kepercayaan diri yang tidak disangka-sangka.

Di tengah keengganannya untuk kembali menjadi model, Ted, dengan penampilan barunya, bertemu dengan seorang penting dalam industri fesyen internasional, Tina di Gaggia. Dengan dorongan Tina, Ted menjadi lirikan banyak pihak-pihak yang berkeinginan untuk menjadikannya model. Bayangan menggoda untuk menjadi model terkenal, kaya raya, bisa memberikan fasilitas apa pun untuk keluarga, membuat Ted tertarik. Meskipun mungkin, kehadirannya untuk menemani Ava melewati masa-masa sulitnya menjadi berkurang.

Kadang kita harus berkompromi untuk hadiah yang lebih besar
***

The Look. Between goo-see, glamour dresses, and fabulous make-up.

Enjoying

Nama Ted Trout sangat aneh melekat pada diri seorang cewek, terlebih ketika dia jadi model :D
Jangkung, rambut sarang burung, alis bertautan ditambah nama aneh menjadikan Ted begitu tidak biasa. Kayak Betty La Fea gitu gak sih? Hanya lebih tinggi aja.
Tapi saya suka karakter Ted di sini, terlebih karena penulis menggunakan POV1. Kita bisa menyelami kepribadian Ted itu sendiri. Seorang yang naif, menurut saya. Tapi juga bukan orang yang gegabah dalam mengambil keputusan, meskipun kebanyakan keputusan diambil atas bujukan sang kakak.

I love Ava, the sister. Meskipun menghadapi hal yang berat, dia berusaha tidak membebani orang lain. Selain itu, semangatnya untuk mendukung sang adik terlihat seakan dia sendiri yang sedang mengejar impian menjadi model.
Secara keseluruhan sih, I love the Trouts, termasuk ibunya yang terlalu khawatir dan ayah yang sedikit ajaib. Tapi mereka adalah orang-orang yang bisa bikin homesick kalau sedang jauh dari rumah.

Yaaaaa, meskipun ceritanya agak sedikit nangguuuuuunng. But it was okay...

Chemistry antara Ted dan Nick agak dipaksakan di akhir. Harusnya mereka lebih banyak terlibat di awal sebelum benar-benar terjadi 'sesuatu'.

Terlepas dari dunia modelnya, saya suka ketika Ted akhirnya bisa mengambil hikmah dari keterlibatannya di dunia modelling, seperti menemukan ketertarikannya dalam fotografi. Saya suka hubungan yang terjalin antara Ted dan Ava. Bagaimana mereka saling mendukung di saat suka dan duka. Terlebih bagaimana mereka menguatkan satu sama lain. Memang saudara harusnya seperti itu kannn...

Happy Reading! :)

you can find the book on bukabuku.com

Review ini diikutkan dalam Indiva Readers Challenge 2014 di http://indivamediakreasi.com/indiva-readers-challenge-irc-2014/
..dan tentu saja review ini diikutkan dalam BBI Review Challenge...


0 comments:

Post a Comment