Wednesday, April 6, 2011

Jampi-Jampi Varaiya


Judul: Jampi-Jampi Varaiya
Penulis: Clara Ng
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Diterbitkan: Desember 2009

Akhir-akhir ini sedang terobsesi mengoleksi novel-novel Clara Ng, salah satu novelis Indonesia yang menurut saya punya daya imajinasi yang super keren :p

Buku berjudul Jampi-Jampi Varaiya ini akhirnya saya beli setelah muter-muter gak jelas di Royal Plasa, Surabaya.

Jampi-Jampi Varaiya bercerita tentang keluarga penyihir Raya yang terdiri dari seorang ayah bernama Samudra Raya yang masih saja merasa sedih berkepanjangan setelah istrinya meninggal 10 tahun yang lalu. Tiga orang anak perempuan, yaitu Zea, Oryza, dan Solanum. Ditambah Xander, anak dari sahabat istri Samudra yang mati-matian dijodohkan dengan Oryza.
Selain itu masih ada karakter Pax, cowok yang naksir Oryza dan nekat berubah menjadi kucing agar bisa terus berdekatan dengan Oryza. Ada juga Aqua dan Strawberry, dua penyihir cewek yang naksir Xander.

Masalah dimulai ketika Oryza menggunakan rempah-rempah Varaiya yang dicuri Solanum dari neneknya Strawberry tanpa memperhatikan cara pemakaian. Oryza yang tidak berbakat dalam masak-memasak membuat rendang hilang dari pancinya. Masalah berlanjut ketika cangkir bisa bergerak dan menggigit tangan Xander. Ditambah lagi, Zea dan Solanum berubah menjadi abnormal.

Di sinilah Oryza, Xander, Pax, dan Samudra memulai petualangannya ke Pulau Varaiya untuk menemukan Tamerit, tanaman yang bisa menyembuhkan Zea dan Solanum. Pulau Varaiya adalah pulau yang berada di antara Jawa dan Sumatra yang tidak dapat terlihat di peta Indonesia karena merupakan pulau penyihir.

Baca novel ini dari awal sampai akhir, serasa membayangkan kisahnya yang berlokasi di luar negeri. Tapi, hey ini di Indonesia!! Mungkin karena kita telah terbiasa dengan dongeng-dongeng tentang sihir yang kebanyakan memang dari sono kali ya...
Novel ini seru, ada unsur komedi dan petualangan juga, yang menurut saya agak beda dengan novel-novel INdonesia lainnya.

Sayangnya masih bersambung, dan novel terbarunya belum rilis. Yah sudah, met penasaran endingnya *ngomong ke diri sendiri*
Lebih baik berburu novel Clara Ng yang lain :D

Happy Reading!

0 comments:

Post a Comment