Wednesday, March 16, 2011

Bule Juga Manusia



Judul: Bule Juga Manusia: Petualangan Turis Gila di Indonesia
Penulis: Richard Miles
Penerbit: Bukune
Diterbitkan 20 November 2010

Singkat cerita buku ini terpilih karena waktu itu pengen baca buku yang bikin ketawa. Dan juga karena komentar Raditya Dika di bagian atas buku. Hmm, penasaran bagaimana cerita kocak berbahasa Indonesia versi si bule ini :)

Richard alias si penulis alias si bule ini bercerita tentang awal mula dia mengenal Indonesia, mulai dari bahasanya saat masih SD, film, teman-teman asal Indonesia, dan kunjungannya ke Indonesia. Semuanya diceritakan secara kocak, meskipun ada beberapa bagian yang terkesan monoton dan gagal membuat saya tertawa.

Bule yang satu ini agak 'beda' karena dia bukanlah bule yang tertarik pada budaya tradisional melainkan bule yang jatuh cinta dengan film Ada Apa Dengan Cinta, ngefans band Sheila on 7 dan Gigi, serta yang lebih suka bergaul seperti orang lokal daripada disebut turis.

Cerita favorit saya adalah 'Nguping'. Saya membayangkan betapa kasihan si bule yang lancar ngomong dan mengerti bahasa Indonesia harus mendengar omongan orang lain yang ngrasani si bule. Hehehe... Hayo siapa di sini yang suka ngomongin turis asing kalau ketemu mereka di suatu tempat? Ati-ati lo, siapa tau mereka ngerti :D

Tulisannya sepertinya emang sengaja dibikin versi bule, yang kadang-kadang ada kata-katanya yang terkesan kurang pas. Dan betul seperti testimoni Duta So7 di buku, bahasa Indonesianya kadang-kadang lebih Indonesia daripada orang Indonesia asli.

Dalam kategori lucu, menurut saya buku ini termasuk biasa, gak sampai yang bikin ketawa banget. Mungkin karena efek saya kebanyakan baca buku-buku Raditya Dika kali ya :P

Bagi yang mau menyegarkan pikiran dalam waktu singkat, buku ini boleh banget dibaca. Saya sendiri menghabiskan buku ini dalam sekejap perjalanan di kereta api.

Happy Reading! :)

0 comments:

Post a Comment